Rakornis Laboratorium di BLH Yogyakarta

Rakornis Laboratorium di BLH Yogyakarta

Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Laboratorium tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) telah dilaksanakan di Kantor Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada tanggal 22 Mei 2014.

Acara ini diikuti oleh sekitar 40 wakil dari para penanggung jawab kegiatan Laboratorium dari SMK, SMU, Universitas dan instansi pemerintah di wilayah Provinsi DIY. Acara dibuka dengan sambutan Kepala BLH Provinsi DIY Ir. Joko Wuryantoro, M.Si yang dibacakan oleh Tari, selaku Sekretaris BLH Provinsi DIY.

Sebagai pembicara I, Kuncoro (Kabid Pengembangan Potensi BLH Provinsi DIY) menyampaikan presentasi bertajuk “Potensi Sumber Limbah B3 Laboratorium Penguji Parameter Kualitas Lingkungan di DIY”. Dilanjutkan dengan pembicara II, Luckmi Purwandari ST, MSi (Kasubid Notifikasi Limbah Lintas Batas Kementerian Lingkungan Hidup) yang menyampaikan presentasi mengenai “Regulasi Pengelolaan Limbah B3, termasuk Rancangan PP PLB3”.

Sebagai pembicara III, Agung Whismanto (Area Sales Manager P.T. Teknotama Lingkungan Internusa) yang menyampaikan materi “Pengelolaan Limbah B3 secara Zero Waste, Tuntas dan Bermanfaat”. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.

Peserta sangat antusias bertanya mulai dari kegiatan Adiwiyata di sekolah-sekolah, peran serta BLH dalam pengenalan kesadaran lingkungan di sekolah / dunia pendidikan, sampai dengan solusi pengelolaan limbah B3 Laboratorium. Dari kalangan dunia pendidikan sangat mengharapkan dapat diwujudkan wacana BLH Provinsi sebagai koordinator penampung sementara limbah-limbah dari sekolah-sekolah yang mempunyai kegiatan Laboratorium, sehingga pengumpul dan pengelola berijin dapat langsung mengambil ke Tempat Penampungan Sementara di BLH Provinsi. Menanggapi usulan ini, pihak Kementerian Lingkungan Hidup akan membahas lebih lanjut ke Pusat mengenai tata cara perijinan yang harus dipenuhi.

Sedangkan Laboratorium Penguji komersial yang mampu membiayai pengelolaan limbah B3-nya sangat berminat mengelolakan limbah B3-nya ke pengelola berijin seperti P.T. Teknotama Lingkungan Internusa. Acara setengah hari ini ditutup dengan makan siang bersama.
(sg/22-05-2014)


Print   Email

Related Articles