SOSIALISASI BLH PROVINSI JAWA TENGAH

SOSIALISASI BLH PROVINSI JAWA TENGAH

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jateng dalam rangka Sosialisasi / Pembinaan Kinerja Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan Limbah B3 kepada pelaku usaha / industri di Wilayah Surakarta, telah menyelenggarakan acara bertajuk “Pengelolaan Limbah B3 secara Zero Waste, Tuntas dan Bermanfaat”. 

Acara ini diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2014 dari jam 09:00-14:00 WIB di Hotel Dana Solo. Diikuti oleh sekitar 90 peserta dari industri se eks-Karesidenan Surakarta.

Acara dibuka oleh Ibu Evi selaku Kepala Bidang III Pengawasan dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan Hidup mewakili Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah. Presentasi diawali dengan paparan singkat tentang keunggulan teknologi pengelolaan Limbah B3 yang disampaikan oleh Ibu Elisabeth A. Juliartie Ph.D. (Direktur PT. Teknotama Lingkungan Internusa). Dalam presentasinya, Ibu Elisabeth sangat menekankan pentingnya pengelolaan limbah secara 3 R (Reuse, Recycle dan Recovery) sehingga tercapai Zero Waste, tuntas dan bermanfaat.

Paparan selanjutnya adalah Tata Cara & Persyaratan Teknis Penyimpanan & Pengumpulan Limbah B3 yang disampaikan oleh Bp. Nasuka dari Litbang BPTPPI Semarang. Paparan terakhir mengenai Analisis Potensi Limbah B3 Industri dibawakan oleh Bp. Aris Mukimin (peneliti BBTPPI).

Selesai presentasi oleh ke tiga nara sumber, dilakukan tanya jawab yang mendapatkan tanggapan cukup baik dari peserta, terbukti dengan banyaknya peserta yang sangat antusias bertanya tentang pengelolaan limbah B3 yang bermanfaat.

(sg/27-03-2014)


Print   Email

Related Articles