Sosialisasi Pengelolaan Limbah B3 di Semarang

Sosialisasi Pengelolaan Limbah B3 di Semarang

Pada tanggal 19 Mei 2014 bertempat di Grasia Convention Semarang, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Semarang telah menyelenggarakan Sosialisasi / Pembinaan Kinerja Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan Limbah B3 untuk Pelaku Usaha / Industri di Wilayah Kota Semarang dan Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah. 

Acara sosialisasi ini mengusung tema : “Pengelolaan Limbah B3 secara Zero Waste, Tuntas dan Bermanfaat”.

Sosialisasi ini dibuka oleh Drs. Isdianto selaku Kepala BLH Kota Semarang dengan menampilkan empat pembicara / nara sumber. Pembicara pertama Ir. Nasuka dari BBTPPI Semarang yang menyampaikan tentang “Tata Cara dan Persyaratan Teknis Penyimpanan dan Pengumpulan Limbah B3”. Dilanjutkan oleh Yovita S.H., M.Hum selaku Ahli Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Soegijapranata Semarang yang membahas tentang “Penaatan Hukum Lingkungan dalam Pengelolaan Limbah B3”.

Sebagai pembicara ke tiga, Endang (Kepala Bidang I BLH Kota Semarang) memberikan pemaparan tentang “Sosialisasi Propernas”.  Pembicara terakhir, Agung Whismanto, Area Sales Manager P.T. Teknotama Lingkungan Internusa (TLI) menyampaikan presentasi tentang “Pengelolaan Limbah B3 Secara Zero Waste, Tuntas dan Bermanfaat”.

Acara yang diikuti oleh lebih dari 90 peserta gabungan wakil perusahaan yang berada di Kota Semarang dan Kabupaten Demak ini, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab antara nara sumber dan para peserta sosialisasi. Acara diakhiri dengan makan siang bersama dan peserta membawa pulang makalah dari para narasumber serta souvenir dari P.T. TLI berupa ballpoint, topi, mug cantik dan tas ramah lingkungan.

(sg-19/05/2014)


Print   Email

Related Articles